Iklan Bawah Header

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot 100% Work

Cara Mengatasi Laptop Lemot 100% Work

Masepel.comKinerja laptop kesayangan kita melambat ? Pastinya bikin kesel dong. Tenang !!! Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tips tentang cara menangani laptop lambat dengan beberapa langkah sederhana dan terbukti efektif.
Seperti produk elektronik lainnya, laptop juga dapat mengalami penurunan kinerja meskipun spesifikasi yang dibawanya sangat baik. Jika ini terjadi, tentu akan memberikan masalah. Jadi, Anda harus tahu penyebab laptop itu sendiri lambat. Siapa tahu cara membuat laptop tidak lambat bisa dilakukan sendiri.
Siapa yang tidak kesal jika laptopnya lambat setiap hari? Tentu saja kita akan merasa kesal jika kinerja laptop kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya, mudah ngelag, proses lama, dan sebagainya.
Apalagi jika laptop dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau pekerjaan sekolah, tentu saja itu akan membuat kita lebih stres. Dengan laptop yang lambat, tentu akan ada banyak pekerjaan dan tugas yang terganggu.


Cara Mengatasi Laptop Lambat

Tetapi bahkan jika Anda memiliki laptop lambat, tenang saja, ada banyak cara untuk menangani laptop lambat. Begini caranya.

1. Hapus Instalasi Aplikasi Yang Menyebabkan Laptop Melambat

Hapus Instalasi Aplikasi Yang Menyebabkan Laptop Melambat
Hapus Instalasi Aplikasi Yang Menyebabkan Laptop Melambat
Saat kita baru memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita menginstal terlalu banyak aplikasi, kapasitas penyimpanan di Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem membaca hard disk terlalu lama.
Efek jangka panjang, pastinya akan menjadi salah satu penyebab laptop lambat. Untuk mengatasinya, cara paling efektif adalah menghapus instalasi aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.
Coba pilih apa saja yang jarang digunakan. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang tidak sengaja diinstal saat menjelajah, lalu saat mengunduh konten dari situs web tertentu, atau saat menginstal.
Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena sangat menyebalkan jika ingatannya penuh karena aplikasi tersebut sering idle. Dan ini menyebabkan Laptop mengalami penurunan kinerja.

2. Gunakan Antivirus Agar Laptop Tidak Lambat

Gunakan Antivirus Agar Laptop Tidak Lambat
Gunakan Antivirus Agar Laptop Tidak Lambat

Salah satu alasan klasik mengapa perangkat laptop menjadi lambat adalah karena virus atau malware. Seperti halnya manusia, laptop juga dapat dipengaruhi oleh penyakit yang berakibat menurunnya kinerja laptop.
Untuk mengatasinya, instal antivirus agar laptop tidak lambat. Selain itu, selalu perbarui antivirus agar berbagai jenis virus dapat dibaca dengan antivirus yang telah diinstal.

3. Gunakan Aplikasi Yang Dapat Menangani Laptop Lambat

Sebelum membeli, pemilik laptop harus mengetahui spesifikasi laptop yang dimilikinya. Ini untuk membantu pemilik menilai apakah aplikasi yang ingin Anda masukkan ke laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.
Misalnya, kami memasang game favorit yang berat meskipun spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Jika Anda masih memaksakan untuk menginstal aplikasi pada laptop, maka jangan kaget suatu hari laptop akan menjadi lambat.
Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Sortir-pilih aplikasi alternatif yang bisa mengatasi laptop lambat sehingga berjalan normal sesuai spesifikasinya.

4. Buka Aplikasi Yang Disukai Agar Laptop Tidak Lambat

Memaksa kinerja RAM dengan menyalakan aplikasi secara berlebihan juga merupakan salah satu penyebab laptop lambat. Misalnya, ketika kita bermain game, kita juga membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Sebenarnya, hanya pemrosesan game yang berat, tetapi masih ditambahkan ke pemutar musik.
Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop Anda. Atau, Anda dapat mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

5. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Selama Proses Startup Laptop

Buka Aplikasi Yang Disukai Agar Laptop Tidak Lambat
Buka Aplikasi Yang Disukai Agar Laptop Tidak Lambat

Menempatkan banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi alasan lain mengapa laptop Anda melambat. Jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, maka ini tidak akan menjadi masalah. Namun terkadang kita terlalu banyak meletakkan aplikasi di desktop yang menyebabkan laptop lambat merespon perintah dari pengguna.
Perhatikan juga aplikasi yang berjalan saat laptop dalam aktivitas startup. Meskipun aplikasi yang dijalankan saat startup laptop adalah aplikasi penting, seperti antivirus.
Usahakan tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop dinyalakan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lambat. Karena aplikasi ini bekerja di latar belakang, yang diam-diam menghabiskan kapasitas RAM.

6. Tingkatkan Kapasitas RAM Agar Laptop Lambat Menjadi Normal Kembali

Tingkatkan Kapasitas RAM Agar Laptop Lambat Menjadi Normal Kemblai
Tingkatkan Kapasitas RAM Agar Laptop Lambat Menjadi Normal Kemblai

Cara menangani laptop lambat lainnya adalah menambahkan RAM. Awalnya, saat membeli laptop terkadang Anda membeli laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, misalnya 4GB. Padahal Anda ingin memiliki laptop yang lebih cepat performanya. Penambahan kapasitas 8GB RAM atau 16GB RAM dapat dilakukan setelah Anda memiliki lebih banyak uang.
Tetapi jangan hanya menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, dan RAM DDR4) dan juga kapasitas RAM maksimum yang dapat diterapkan pada laptop kita.

7. Jika Usia Laptop Cukup Tua, Lakukan Pembersihan Drive C

Seperti manusia, jika laptop sudah tua, biasanya lebih dari 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Karena alasan ini, salah satu solusinya adalah membersihkan drive C. Copot juga program dan aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meningkatkan kinerjanya.

8. Reset Windows atau Beralih ke OS Lebih Ringan

Reset Windows atau Beralih ke OS Lebih Ringan
Reset Windows atau Beralih ke OS Lebih Ringan

Usia laptop lama tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Salah satu yang paling sering terkena adalah sistem operasi (OS), terutama Windows, sistem operasi yang paling banyak digunakan pada laptop. Jika Windows memiliki kesalahan, kinerja tidak akan optimal atau sering crash.
Jika terlalu parah, kami sarankan mengatur ulang atau menginstal ulang Windows Anda. Tetapi, jika Anda tertarik, Anda juga dapat mengubah Windows ke OS lain yang lebih ringan, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang beredar saat ini, Anda tinggal memilih apa yang menurut Anda tepat.
Memang, harus diakui bahwa Windows jauh lebih mendukung produktivitas dengan banyak fitur yang dibawanya. Tetapi setidaknya transisi OS ini akan membuat kinerja laptop lebih baik.

9. Gunakan Thermal Paste pada Prosesor

Thermal Paste adalah pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor sehingga tidak cepat panas. Dengan suhu prosesor yang stabil, tentunya hal itu akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil dan tidak lambat dengan cepat.

10. Gunakan Bantalan Pendingin

Gunakan Bantalan Pendingin
Gunakan Bantalan Pendingin

Jika perlu, gunakan meja pendingin sebagai kipas tambahan yang berguna untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Dengan suhu laptop yang terlalu panas, tentu saja membuat kinerja laptop menjadi cepat lambat.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendingin vakum untuk menyedot udara panas di dalam laptop. Alat ini juga membantu menjaga suhu laptop saat bekerja.

11. Ubah Memori HDD ke SSD

Ubah Memori HDD ke SSD
Ubah Memori HDD ke SSD

Salah satu penyebab laptop lambat adalah karena laptop masih menggunakan hard drive HDD yang memiliki kecepatan data yang relatif lambat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti penyimpanan HDD di laptop Anda ke penyimpanan SSD.
Metode ini dijamin efektif, karena akan membantu proses booting lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih responsif. Memang, harus diakui bahwa harga SSD cukup mahal, tetapi jika Anda tidak ingin laptop menjadi lambat, metode ini dapat dipertimbangkan.

12. Gunakan Aplikasi Peningkat Kinerja Laptop

Ada banyak cara untuk menangani laptop lambat. Salah satunya, pengguna tidak optimal dalam menggunakan laptopnya. Salah satu solusinya adalah Anda dapat menginstal perangkat lunak khusus yang berfungsi untuk mendukung kinerja laptop menjadi lebih cepat.
Ada banyak aplikasi dengan fungsi ini, yaitu CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advanced System Optimizer, dan lainnya. Pilih saja yang menurut Anda sesuai.

13. Atasi Laptop Lambat dengan Disk Deframent Tools

Atasi Laptop Lambat dengan Disk Deframent Tools
Atasi Laptop Lambat dengan Disk Deframent Tools

Cara ini mungkin jarang diketahui oleh beberapa pengguna laptop dan PC. Terlebih saat mengalami masalah laptop lambat. Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki di PC dan laptop Anda, semakin lambat PC dan laptop Anda akan bekerja.
Anda dapat menggunakan alat Disk Defragment yang terdapat pada Control Panel. Melalui tahapan analisis dan juga mengoptimalkan file Anda akan diatur sedemikian rupa, dan Anda dapat mengetahui berapa banyak file sampah atau file sampah yang membuat memperlambat laptop dan PC favorit Anda.

Jadikan Laptop Anda Cepat Kembali

Itulah 14 cara mengatasi laptop lambat yang bisa dilakukan. Semua metode ini sangat ampuh untuk meningkatkan kinerja laptop yang lambat. Jika Anda memiliki cara lain untuk membuat laptop Anda lebih cepat, Anda dapat membagikannya kepada kami. Jadi, semoga berhasil!

0 Response to "13 Cara Mengatasi Laptop Lemot 100% Work"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel