Iklan Bawah Header

Cara Ampuh Mengatasi Memori Smartphone Cepat Penuh

Cara Ampuh Mengatasi Memori Smartphone Cepat Penuh

Masepel.com – Sering kali ini terjadi pada Smartphone kesayangan kita. Ketika ingin menginstal aplikasi yang kami inginkan di Google Play Store, tiba-tiba ada peringatan dari ponsel Android kami bahwa ia tidak dapat melakukan instalasi, karena tidak ada ruang tersisa di memori internal. Yang lebih membuat frustrasi, setelah kita menghapus semua aplikasi di ponsel Android kita, ternyata masih dikatakan bahwa memori internal ponsel sudah penuh … apa yang terjadi?

Meskipun kami telah membeli ponsel Android dengan memori internal yang cukup, yaitu sekitar 8GB misalnya, ukuran lebih besar dari 4GB dan lebih kecil dari 16GB. Dengan ukuran 8GB, masih harus ada banyak memori internal yang tersisa kan?

Kenali dulu Memori Internal dan Memori Eksternal Smartphone kita.

Memori internal adalah memori default yang sudah ada di ponsel Android, ketika kami membeli ponsel Android untuk pertama kalinya, ukuran memori internal ini tidak dapat diubah, baik ditambahkan maupun dikurangi. Jika tidak ada memori eksternal yang terpasang di ponsel Android yang kita miliki, maka memori internal ini akan dikenali dan digunakan oleh ponsel Android. Memori internal akan digunakan sebagai memori utama oleh sistem operasi, artinya ketika kita melakukan proses penyimpanan file, foto atau dokumen lain, sistem operasi Android akan menyimpan file-file tersebut di memori internal.

Memori eksternal, adalah memori tambahan yang dapat ditambahkan ke ponsel Android, menggunakan Kartu microSD. Saat ini kapasitas Kartu MicroSD dapat dipilih dari ukuran 2GB saat ini, hingga 128GB atau 512GB. bahkan mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan ada ukuran kartu MicrtoSD yang lebih besar. Jika kita menggunakan kartu microSD yang terpasang di dalamnya, sistem Android akan memberi kita pilihan, untuk menggunakannya sebagai penyimpanan utama, atau penyimpanan samping. dengan memori eksternal ini, menyimpan file yang cukup besar seperti foto yang diambil melalui kamera ponsel Android, atau video, dapat dialihkan ke memori eksternal ini, sehingga dapat memberikan lebih banyak ruang, bagi ponsel Android untuk menginstal aplikasi lain. Ini terjadi karena instalasi aplikasi seringkali memerlukan memori internal yang cukup, dan beberapa aplikasi tidak ingin dipasang di memori eksternal.

Beli memori internal 16GB, kenapa hanya terdeteksi 10GB?


Beli memori internal 16GB, kenapa hanya terdeteksi 10GB?
Jika kita memiliki ponsel Android dengan memori internal 16GB, kadang-kadang hanya tinggal memori 10GB yang tersisa, mengapa itu terjadi? ini terjadi karena sistem membutuhkan memori juga untuk mengoperasikan sistem, memori sistem os Android itu sendiri dapat mencapai 4GB hingga 5GB. kita dapat memeriksanya dengan masuk ke menu pengaturan, lalu memilih penyimpanan.


Lalu mengapa bisa penuh? Meskipun tidak ada aplikasi yang diinstal lagi?


Sebenarnya, setiap ponsel Android yang kita gunakan akan menyimpan memori cache. Apa itu memori cache? memori cache adalah rekaman aktivitas, serta file yang telah digunakan atau dibuka, yang berfungsi untuk riwayat, sebagai aktivitas perekaman, juga mempercepat proses dengan menggunakan file yang sama dengan file yang telah dibuka, sehingga proses seperti mengunduh file dari internet, tidak perlu dilakukan berulang kali, yang memungkinkan untuk lebih menghemat biaya kuota internet, serta waktu untuk memproses file yang sering dibuka. File cache ini akan disimpan dalam memori internal ponsel Android, aktivitas aplikasi yang mengunduh video, gambar, suara atau MP3, yang semuanya akan menghasilkan cache yang tersimpan dalam memori internal ponsel Android, sehingga memori internal dapat terpakai meskipun tidak ada aplikasi baru yang diinstal.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Meskipun Tidak Ada Aplikasi


Untuk mengatasi kebingungan dan kesulitan ini, segera lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pindahkan pengaturan untuk penyimpanan file foto dan video pada aplikasi kamera, dari memori internal ke memori eksternal


Meski sepertinya hal yang sepele, namun setiap foto dan video yang kita ambil, membutuhkan file yang cukup besar untuk penyimpanannya. Untuk satu foto dengan kamera saat ini, diperlukan hampir 2MB hingga 5MB untuk setiap foto dengan resolusi maksimum. Untuk menangkap video lebih banyak bahkan lebih lama, setiap pengambilan video dapat membutuhkan antara 100MB hingga 1GB memori yang di gunakan. Mengenai pengaturan lokasi untuk menyimpan foto dan video dari aplikasi kamera ini, sangat penting, karena selain dapat menyimpan foto atau video baru, kita juga dapat mengurangi memori internal penuh yang dapat mengakibatkan kinerja ponsel Android tidak maksimal.

  • Lakukan Penghapusan Cache Aplikasi


Cache untuk setiap aplikasi berbeda, tetapi fungsi keseluruhan hampir sama, yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara untuk file yang sering diakses, untuk mempercepat kerja aplikasi dan mengurangi data kuota yang dibutuhkan. Aplikasi bawaan seluler juga dapat menyimpan cache, jadi jika kita melakukan penghapusan cache, kita dapat mengurangi cache yang telah dibuat, dan menyediakan cukup banyak ruang di memori internal ponsel Android yang kita miliki . Caranya silakan buka Pengaturan, lalu pilih Manajer Aplikasi, buka satu per satu aplikasi yang ingin Anda hapus cache, dengan mengklik tombol Hapus Cahce/Clear Cache. Dengan begitu file cache data lama yang telah menumpuk, dapat dibersihkan dan membuat kapasitas memori internal menjadi lebih luas. Jika Anda tidak ingin repot dengan pekerjaan ini, cukup instal aplikasi Files Go, yang merupakan aplikasi resmi dari Google untuk os Android, untuk membersihkan file cache atau file yang tidak terlalu penting di Android kita.

File kontributor terbesar yang membuat memori internal kita penuh, adalah file cache dari aplikasi messenger, atau aplikasi obrolan kita seperti WhatsApp atau Telegram. Mungkin karena aplikasi tersebut menyimpanan cache untuk setiap gambar dan video yang kita buka di aplikasi.

  • Hapus File yang Tersisa di Aplikasi


Mungkin sebagian dari kita menggunakan aplikasi yang dikirim dari ponsel Android lain, seperti aplikasi ShareIt, misalnya, aplikasi yang kami terima dari ponsel Android lain masih tersimpan di penyimpanan sementara ShareIt, dan lokasi penyimpanan biasanya sama dengan lokasi penyimpanan aplikasi, atau dalam memori internal, jadi jika kita menghapus aplikasi yang tersisa ini, kita akan sedikit menambah ruang untuk memori internal.

  • Hapus File Aplikasi Offline


Untuk pengguna aplikasi pemutar video Youtube, Anda mungkin sudah terbiasa dengan fitur Offline Watch, atau mengunduh video yang ingin Anda tonton terlebih dahulu, sehingga Anda dapat menontonnya bahkan tanpa menggunakan kuota internet. Fasilitas ini, tentu saja, membuat memori internal kita dipenuhi oleh video offline sehingga membuat memori kita cepat penuh. Dengan melakukan pembersihan video offline yang tidak kita perlukan lagi, itu akan memberikan ruang tambahan untuk memori internal kita.

Demikian informasi tentang cara mengatasi memori internal yang penuh, semoga bisa menjadi pengetahuan dan manfaat tambahan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Memori Smartphone Cepat Penuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel