Iklan Bawah Header

Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi atau Mati Total

Teknologi yang semakin pesat berkembang tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone / posel pintar yang semakin ke depan semakin canggih dan harganyapun semakin tinggi. Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling sering kita gunakan sehari – hari, yang pastinya tidak luput dari kerusakan yang bisa terjadi. 


Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi atau Mati Total

Pemakaian smartphone yang terlalu sering dapat menyebabkan batrei cepat habis, dan yang pastinya sering melakukan pengecasan / mengisi daya. 

Dalam kasus ini sering kita temui kerusakan pada charger HP yang lama mengisi daya, atau bahkan charger HP mati total. 

Jika itu terjadi pada anda, jangan khawatir diartikel ini akan saya jelaskan beberapa cara untuk memperbaiki masalah charger pada smartphone.

Cara Memperbaiki Masalah Charging pada HP

Penting untuk kita ketahui cara memperbaiki masalah charging pada handphone. Karena hal ini merupakan salah satu permasalahan yang sering kita alami ketika kita memiliki handphone.
Charger merukapan salah satu komponen yang sangat penting bagi pengguna handphone untuk bisa mengisi daya. Untuk itu berikut ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah kerusakan pada charger handphone yang bisa anda pelajari.

1. Debu! Bisa Jadi Penyebab Kerusakan

Debu bisa jadi salah satu penyebab kerusakan pada perangkat elektronik. Partikel kecil yang dapat dengan mudah masuk ke komponen perangkat elektronik. Kebersihan perangkat elektronik harus diperhatikan dan diperlakukan dengan baik dan benar, sehingga meminimalkan terjadinya kerusakan.
Membersihkan port charger pada ponsel sangat diperlukan agar kondisinya tahan lama dan tidak rusak. Port charger adalah tempat yang hampir tidak pernah dibersihkan, sehingga banyak debu menumpuk dan akhirnya membuat charger rusak. 

Karena itu, salah satu cara untuk memperbaiki masalah pengisian daya pada ponsel adalah dengan membersihkan debu pada port charger ponsel. Dengan membersihkan debu pada ponsel dan port charger, akan lebih meminimalkan kerusakan pada port charger handphone. Jadi kualitas pengisi daya Anda bisa bertahan sedikit lebih lama.

2. Charger Harus Digunakan Dengan Benar

Pemakaian charger terkadang asal digunakan dan hanya berfokus pada baterai terisi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi hampir semua pengguna handphone. Banyak pengguna ponsel yang menyepelekan hal ini, karena beranggapan bahwa tidak ada masalah jika charger digunakan secara tidak benar. Padahal, hal ini akan menjadi salah satu penyebab kerusakan pada charger ponsel. Sehingga salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengubah kebiasaan saat melakukan charging pada handphone. 

Charger Harus Digunakan Dengan Benar
Usahakan ketika baterai handphone sudah terisi penuh, maka charger harus dicabut dari handphone dan stopkontaknya. Hal ini agar charger tidak dialiri listrik. Ketika anda lupa untuk melepas charger yang masih tercolok di stopkontak, maka otomatis charger tersebut masih dialiri oleh listrik. 

Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, maka akan merusak charger handphone anda. Untuk itu, anda harus mengubah kebiasaaan buruk anda untuk selalu melepas charger dari stopkontak apabila sudah tidak digunakan. Sehingga hal ini dapat menghemat energi listrik dan membantu charger anda tidak cepat rusak.

3. Restart Smartphone

Ada kalanya ponsel akan mengalami masalah pengisian. Secara umum, masalah ini sering terjadi karena banyak hal. Anda tidak perlu panik, karena Anda dapat mencoba mematikan smartphone atau ponsel Anda untuk sementara waktu. 

Restart Smartphone
Ini dilakukan agar ponsel Anda berhenti dari berbagai aplikasi yang sedang dijalankan. Terkadang ponsel bisa hang, sehingga tidak bisa bekerja secara optimal dan bahkan menyebabkan kemacetan di ponsel.

Memulai ulang ponsel cerdas adalah salah satu cara alternatif untuk menyediakan ruang bagi ponsel Anda dari berbagai aplikasi yang sedang berjalan. Jadi ketika Anda menemui masalah saat mengisi daya baterai, maka Anda dapat memulai ulang smartphone atau ponsel Anda sebentar.

4. Cek Kabel USB Charger

Masalah pengisian bisa terjadi kapan saja, bahkan tiba-tiba. Ketika Anda mengalami masalah ini, periksa dulu menggunakan pengisi daya lain untuk mengisi daya ponsel Anda. Terkadang pengisi daya ponsel mengalami masalah dan Anda tidak tahu bagian mana yang bermasalah. Jadi, Anda perlu mencoba mengisi daya ponsel Anda dengan pengisi daya lain. 

Nah, dengan cara ini Anda bisa mengetahui apakah charger rusak atau ponsel Anda. Setelah Anda mengetahui hal ini, akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya, yaitu dengan mengganti kabel USB charger Anda.

5. Cek Port Charger

Setiap ponsel tentunya memiliki port untuk charger. Ini digunakan agar ponsel dapat diisi ulang jika baterai habis. Ketika ada masalah saat pengisian daya, Anda dapat memeriksa kondisi port charger ponsel Anda. Karena biasanya, port charger HP yang longgar membuat baterai tidak terisi.
Untuk itu, Anda perlu membenarkan posisi port charger ini terlebih dahulu, dan kemudian Anda dapat mencoba lagi untuk mengisi daya ponsel Anda. Ini adalah salah satu cara untuk memperbaiki masalah pengisian daya pada ponsel Anda ketika rusak. 

Penting untuk mengetahui masalah yang dapat terjadi pada ponsel dan pengisi daya. Karena ini adalah masalah yang sering terjadi dan walaupun terlihat sederhana, jika tidak ditangani dengan benar dapat memperburuk kondisi ponsel Anda sehingga dapat berakhir pada ponsel yang tidak dapat digunakan. 

Memeriksa kondisi pengisi daya dan ponsel Anda harus memperhatikan sehingga dapat meminimalkan kerusakan pada ponsel Anda. Ketika pengisi daya dan ponsel Anda tidak rusak, ini akan membuat aktivitas Anda dalam menggunakan ponsel lebih mudah. Untuk itu Anda perlu mengetahui informasi tentang cara memperbaiki masalah pengisian daya pada ponsel Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi atau Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel